Jumat, 27 Mei 2016

Manfaat Pelatihan Outbound

Manfaat Pelatihan Outbound

Berikut adalah manfaat dari Pelatihan Outbound atau yang biasa kita sebut sebagai Outbound Training:
  • Program pengembangan dan pelatihan yang dilakukan di luar ruangan atau biasa disebut outbound hanya akan efektif bila dilaksanakan dengan baik, yakni mampu memberikan manfaat tentang pembelajaran luar ruang/outbound bagi para partisipannya.
  • Outbound training jika dilakukan dengan benar dapat menjadi alat yang efektif untuk pengembangan SDM misalnya kompetensi karyawan.  Program Outbound Training yang benar berisi rangkaian program-program yang berkualitas.
  • Outbound training bukan hanya sekedar bermain-main di lapangan. Pembelajaran luarruang adalah Proses Belajar –bukan sekedar untuk hura-hura. Program Outbound yang bagus harus mencakupa ktifitas high impact.
  • Kompetensi seseorang bisa ditingkatkan melalui pengembangan Pengetahuan, Keahlian, Sikap maupun Karakter dari yang bersangkutan. Outbound Training bertujuan menggali dan meningkatkan Ketrampilan, Karakter dan Sikap Individu.
  • Untuk hasil yang maksimal durasi kegiatan outbound setidaknya dilakukan selama dua sampai dengan tiga hari. Tentunya harus didukung oleh Fasilitas Outbound yang memadai, serta dipandu Instruktur yang berpengalaman.
  • Yang paling penting, program Outbound harus berfokus pada HASIL.Bukan hanya pada AKTIFITAS PERMAINAN itu sendiri.
  • Keluar dari Comfort Zone(ZonaNyaman) Agar tujuan pembelajaran luar ruang/outbound lebih terasa manfaatnya, kegiatan-kegiatan Outbound harus dapat membawa dan ‘mengeluarkan’ peserta dari area comfort zone mereka masing-masing. Namun demikian, kapasitas tiap individu tentu berbeda,  sehingga instruktur Outbound tidak boleh memaksa apabila ada peserta yang tidak berani melakukan kegiatan tertentu.
  • Instruktur bisa membantu secara persuasi dan mendampingi peserta Outbound yang tidak berani melakukan kegiatan tertentu. Kegiatan Outbound pada dasarnya mempertemukan antara KOMPETENSI dan RESIKO. Jangan sampai pada saat implementasinya, resiko terlalu tinggi, sehingga malah menjadi missadventure.
  • Pembelajaran luar ruang atau Outbound Training akan tercapai bila risiko dan kompetensi proporsional. Mengingat makin menjamurnya penyelenggara outbound saat ini, Perusahaan perlu berhati-hati dalam memilih Provider. Kita harus pandai memilih Outbound Provider yang Reputasinya Bagus, memiliki Standar Keamanan Tinggi dan Instruktur yang Qualified. Selain itu pemilihan Lokasi Outbound yang tepat akan mendukung kesuksesan kegiatan Outbound, sehingga kolaborasi dari kesemuanya itu bisa memberikan nilai positif berupa pengembangan SDM.