Selasa, 31 Mei 2016

Tahu Kah Anda


Perbedaan Outbound, Outing dan Gathering

Beberapa orang masih salah kaprah dalam memaknai istilah outbound. Setiap kegiatan permainan luar ruangan/alam terbuka langsung saja di sebut outbound. Contohnya sebuah perusahaan mengadakan kegiatan di sebuah villa atau hotel di gunung kemudian bersenang-senang dan melakukan games, seketika itu juga disebut outbound. Salah kaprah tersebut disebabkan oleh kekurangpahaman masyarakat dalam membedakan outbound dengan outing, cooporate gathering dan beberapa aktivitas di luar ruangan lainnya. Lalu apa bedanya? Adakah persamaannya?
Sebenarnya ada persamaannya, yaitu semuanya merupakan kegiatan yang dilakukan di luar ruangan/alam (outdoor activity). Sedang perbedaanya, kalau outing dan gathering, secara fisik, pikiran dan emosional tidak terlalu berat. Aktivitas ini lebih mengarah pada aspek menyenangkan (fun) sehingga tidak memerlukan persiapan khusus. Sedangkan dalam kegiatan outbound diperlukan sebuah pelatihan yang membutuhkan aktivitas fisik, emosional, pikiran yang lebih dibandingkan dengan kegiatan yang lain yang hanya bersifat fun. Waktu yang dibutuhkan juga lebih lama dan tujuannya lebih mendalam.
Ada tiga faktor penting dalam pelaksanaan outbound menurut Mr. Roo (pendiri suka alam nature creativity), yaitu lingkungan, fasilitator dan program/materi pelatihan. Oleh karena itu outbound lebih kompleks dibanding outing dan gathering.
 contoh gathering
By: Nila