Selasa, 31 Mei 2016

Tahu Kah Anda


Bagaimana keterkaitan antara outbound dengan dunia pendidikan ?

Kita tahu bahwa proses pembelajaran dalam dunia pendidikan memiliki metode dan pendekatan yang bermacam-macam. Tidak jauh berbeda dengan kegiatan outbound,dari posting awal sudah di jelaskan bahwa outbound merupakan salah satu metode pembelajaran. Metode pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan Learning by Experience atau learning by doing. Metode ini cukup menarik karena bentuk kegiatannya berupa permainan.
Coba perhatikan kemampuan seseorang dalam memahami sebuah pelajaran dengan berbagai cara seperti yang pernah di jelaskan oleh Rose and Niehall MG, Accelerated Learning berikut ini.
Mem – baca, maka akan mengerti 20 %
Men – dengar, maka akan mengerti 30 %
Me – lihat, akan mengerti 40 %
Meng – kata – kan, akan mengerti 50 %
Me – laku – kan, akan mengerti 60%
Apabila mem – baca + dengar + lihat + kata + laku, maka akan paham dan mengerti sampai 90 %
Dari penjelasan di atas maka jelas sekali bahwa dengan metode learning by experience, kemampuan seseorang dalam menerima pelajaran jauh lebih baik.
Ada empat tahapan proses pembelajaran dengan pendekatan learning by experience, yaitu :
  1. Permainan
  2. Pembahasan
  3. Perenungan
  4. Penerapan / tindak lanjut
Metode lain yang relevan dan cocok dengan outbound adalah Quantum Teaching dan Accelerated Learning. Metode ini mengutamakan pada proses pembelajaran yang cepat dengan mengutamakan pada proses, yaitu :
  1. Melibatkan 3 komponen sekaligus dalam diri manusia yaitu, fisik (raga/psikomotorik), pikiran (rasio/kognitif), dan emosi (rasa/afektif).
  2. Belajar adalah suatu proses kreatif
  3. Emosi dan pikiran harus memiliki energi positif
  4. Umpan balik
Dari penjelasan di atas sudah dapat disimpulkan bahwa keterkaitan outbound dengan dunia pendidikan masih erat hubunganya, karena outbound merupakan salah satu metode belajar.