Rabu, 27 April 2016

7 KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN DIGITAL MARKETERS – TRIVI ADVENTURE CAMP


626x626xdigital-marketing-indonesia.jpg.pagespeed.ic.KeRpvhkHd7
Seorang pelaku bisnis terlebih mereka yang bergelut di dunia digital marketing dengan mengandalkan kemajuan teknologi, menjadi acuan dan tolak ukur bagi kesuksesan mereka, tetapi bukan hanya teknologi terbaru yang sangat diperhatikan oleh mereka, karena seorang pelaku digital marketer juga membutuhkan beberapa keahlian ini untuk bisa berhasil di internet. Apa saja keterampilan itu? Ini dia ulasannya:

1. Kemampuan menganalisa

analisa
Seorang digital marketers harus mampu menganalisa setiap kegiatan ataupun aktifitas marketing yang mereka lakukan. Mereka harus mampu menganalisa setiap kebutuhan, keinginan dan juga pembelian dari sebuah halaman website yang mereka miliki. Mereka harus bisa menentukan dan menetapkan cara apa lagi yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan mereka. Mereka juga harus bisa memberikan prediksi kebutuhan untuk beberapa tahun ke depan.

2. Keaktifan di sosial media

sosial-media-activity
Jelas dikatakan bahwa pelaku dunia digital maketing harus akrab atau bahkan aktif dengan sosial media. Karena rana mereka berkreasi, mencari, mengumpulkan dan menggaet pelanggan lebih banyak dari sosial media. Mereka harus memiliki strategi dalam menambah jaringan melalui sosial media. Ada banyak yang bisa mereka gunakan, mulai dari Google+, SlideShare, Pinterest, dan masih banyak lagi. Seorang digital marketers harus bisa membuat strategi untuk meningkatkan leads bisnis mereka. Jika mereka menemukan sosial media yang baru mereka harus lebih cepat akrab dan memanfaatkannya untuk kegiatan bisnisnya.

3. Memvisualisasikan data

visualize
Kita tahu bahwa di jaman ini masyarakat lebih menyukai gambar sebagai media untuk menjelaskan sebuah arti. Ini juga yang harus dimiliki oleh seorang digital marketers. Mereka harus bisa memvisualisasikan data dalam bentuk gambar, seperti diagram, grafik dan lain sebagainya. Anda bisa menggambarkan ini untuk menjelaskan traffic website Anda. Ketika website Anda terus menunjukkan peningkatan, hal itu bisa Anda tunjukkan kepada pengunjung website Anda.

4. Kemampuan teknik

technical-skills
Mempelajari sedikit keterampilan teknik bukanlah hal yang merugikan bagi seorang mareketers. Memang terdengar seperti tidak ada gunanya mereka belajar teknik menulis coding secara sederhana, tapi ini bisa membantu mereka dalam produksi video pemasaran. Dengan ini pula mereka bisa berkomunikasi dengan lebih baik bersama tim teknologi. Mereka bisa saling bertukar pikiran mengenai hal yang bisa dilakukan dan diinginkan pelanggan.

5. Bisa bekerja tim

slider1
Perkembangan teknologi dan juga cara dalam memasarkan sebuah bisnis terus berkembang, itu sebabnya seorang digital marketers harus mampu bekerja secara tim. Bukan hanya untuk meringankan pekerjaan mereka, tapi juga untuk mendapatkan pemikiran atau pendapat yang berbeda dari anggota tim. Ini akan menambah variasi ide untuk menciptakan sebuah temuan baru dalam bisnis. Mereka harus bisa bekerja tim bersama siapa saja, baik bersama sesama anggota tim marketing, teknik, dan orang yang berada di luar bisnis mereka.

6. Mengasah soft skills

sharpening
Menjadi seorang digital marketers bukan hanya harus mampu memiliki keahlian teknik, menganalisa dan bekerja secara tim. Mereka juga harus selalu mengasah soft skills, seperti cara berkomunikasi, cara bramah tamah dan juga cara untuk menjadi fleksibel kepada baik pelanggan maupun rekan kerja. Mereka harus menyeimbangkan antara hard skill dengan soft skill yang akan selalu mereka gunakan.
Sumber: inc.com