Rabu, 27 April 2016

PENGERTIAN DAN FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL – TRIVI ADVENTURE CAMP


Pengertian perubahan sosial| Pengertian Perubahan Sosial | Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial | Masyarakat merupakan kumpulan kesatuan dari individu-individu yang memiliki sifat, pemikiran dan karakter yang bermacam-macam. Sifat, pemikiran dan karakter yang bermacam-macam inilah yang menjadi penyebab terjadinya perubahan-perubahan di dalam masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat inilah yang biasa disebut dengan perubahan sosial.


Pengertian Perubahan Sosial menurut Kingsley Davis, Menurut Kingsley Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam fungsi dan struktur masyarakat. Contoh perubahan sosial dalam hal ini yaitu timbulnya organisasi buruh dalam masyarakat kapitalis yang menjadi penyebab terjadinya perubahan-perubhan dalam hubungan antara buruh dan majikan di dalam perusahaan. Perusahaan ini bisa menyebabkan perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik, seperti adanya partai buruh.
Menurut Mac Iver, Pengertian Perubahan Sosial ialah perubahan dalam hubungan sosial (social relations) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) di dalam huungan sosial.
Karl Marx mengemukakan pengertian perubahan sosial, Perubahan Sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi atau kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah.
M. Rogers mengemukakan 3 bentuk perubahan Sosial, yaitu :
(1) Immanen Change yaitu suatu bentuk perubahan sosial yang berasal dari dalam sistem itu sendiri, yang sedikit atau tanpa inisiatif dari luar.
(2) Selective Contract Change ialah suatu bentuk perubahan sosial yang terjadi apabila outsider (orang luar) secara tidak sengaja dan spontan membawa ide-ide baru kepada anggota dari suatu sistem sosial.
(3) Direct Contract Change merupakan suatu bentuk perubahan sosial yang terjadi jika ide-ide atau cara-cara baru dibawa secara sengaja oleh outsider.
E. M. Roger mengatakan bahwa perkembangan ekonomi adalah suatu tipe dari perubahan sosial yang biasanya menyangkut kepada ketiga bentuk perubahan sosial di atas.
Ciri ciri perubahan sosial menurut Johnson yaitu ditandai dengan :
(1) Ciri perubahan sosial yang pertama yaitu hilangnya kepercayaan terhadap institusi-institusi sosial yang mapan terutama lembaga-lembaga ekonomi dan politik.
(2) Ciri perubahan sosial yang kedua ialah dipertanyakannya otoritas dalam institusi-institusi sosial yang utama.
(3) Ciri perubahan sosial yang ketiga yaitu menurunnya etika kerja tradisional.
(4) Ciri perubahan sosial yang terakhir ialah penolakan yang terjadi secara luas terhadap teknorasi dan berbagai segi organisasi birokrasi.

| Faktor Penyebab Perubahan Sosial |

Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial menurut Mooris Ginsberg, yaitu :
(1) Faktor penyebab perubahan sosial yang pertama yaitu karena individu dalam masyarakat secara sadar mengadakan perubahan.
(2) Faktor penyebab perubahan sosial yang kedua ialah karena sikap-sikap pribadi yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berubaha. Perubahan-perubahan struktural dalam bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang politik.
(3) Faktor penyebab perubahan sosial yang ketiga yaitu perubahan-perubahan struktural dalam bisal sosial, ekonomi dan politik.
(4) Faktor penyebab perubahan sosial yang keempat ialah karena pengaruh eksternal (dari luar).
(5) Faktor penyebab perubahan sosial yang kelima yaitu karena munculnya pribadi-pribadi dan kelompok yang menonjol di dalam masyarakat (kelas menengah).
(6) Faktor penyebab perubahan sosial yang berikutnya adalah muculnya peristiwa-peristiwa tertentu, misalnya kekalahan dalam perang  antara negara yang menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan ekonomi dan politik di negara yang berperang tersebut.
(7) Faktor penyebab perubahan sosial yang terakhir yaitu tercapainya konsensus di dalam masyarakat untuk meraih suatu tujuan bersama.
Sekian pembahasan mengenai pengertian perubahan sosial dan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial, semoga tulisan saya mengenai pengertian perubahan sosial dan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial dapat bermanfaat.
Author : Writed By Ali