Pengertian Kurikulum menurut Grayson adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran.
Menurut Inlow, Pengertian Kurikulum ialah
semua pengalaman yang direncanakan, dimana dilakukan oleh sekolah untuk
menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa
yang paling baik.
William N Alexander dan Saylor J Gallen mengemukakan Pengertian Kurikulum
merupakan keseluruhan usaha sekolah untuk memengaruhi belajar, baik
yang berlangsung di kelas, di halaman ataupun di luar sekolah.
Pendapat William B Ragan mengenai Pengertian Kurikulum yaitu semua pengalaman anak yang menjadi tanggungjawab sekolah.
Dari pengertian kurikulum yang diungkapkan para pakar di atas, dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Kurikulum
adalah suatu perencanan pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil
dari perencanaan serta proses pembelajaran dari sekolah atau perguruan
tinggi.
Kurikulum berasal dari bahasa latin, yaitu ‘cucure‘ , yang artinya laluan atau jejak. Dengan demikian, kurikulum
dimengerti sebagai suatu laluan atau jejak yang akan ditelusuri. Makna
ini meluas menjadi ‘jurusan’. Dalam bahasa Inggris, kurikulum dapat
dipahami sebagai ‘jelmaan’ atau ‘metamorfosis’. Paduan pengertian
kurikulum ini dipahami sebagai laluan dari satu peringkat ke peringkat
berikutnya.
Kurikulum menurut pandangan legalitas formal dari
aturan perundangan yang ada. Berdasarkan undang-undang 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pengertian Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bahan dan
isi pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Berdasarkan berbagai penjelasan mengenai pengertian kurikulum
diatas, maka pengertian kurikulum dipahami bukan sekedar buku teks,
pokok persoalan (subject matter), rangkaian pelajaran, isi atau
program pendidikan, juga bukan sekedar pelajaran khusus. Kurikum
merupakan semua situasi atau kedaan dalam lembaga pendidikan dapat
menyelidiki, memonitor, mengorganisasi dan mengevaluasi secara sadar
terhadap pengembangan kepribadian peserta didik.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kurikulum menurut para
pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian kurikulum menurut para
pakar dapat bermanfaat.
Author : Writed By Ali